Menganalisis Permainan (Part 2)

Hai bertemu lagi dengan ane, di artikel kali ini saya akan melanjutkan dari artikel sebelumnya, yaitu Menganalisis Permainan (Part 1).  Kalau teman-teman sudah mengetahui cara memperoleh data-data game dari para master, maka teman-teman bisa melakukan analisis game tersebut, atau juga teman-teman bisa menganalisis game dari permainan catur teman-teman sendiri.

Ada yang harus saya beritahu terlebih dahulu apa saja keuntungan dari menganalisis permainan, baik itu dari partai master ataupun game teman-teman sendiri. Yang pertama adalah untuk mengetahui dan mempelajari pola-pola (atau bisa kita sebut dengan ‘tema’) untuk melakukan serangan ataupun pertahanan. Yang kedua untuk memperbaiki (atau sekaligus membentuk) sistematika berpikir kita. Dan yang ketiga, yaitu untuk mengetahui letak-letak kesalahan dari partai/permainan yang teman-teman lakukan sehingga teman-teman dapat memperbaiki dan meminimalisir kesalahan tersebut. Tentunya masih ada beberapa keuntungan lainnya, tetapi tiga alasan utama tersebut yang menjadi garis besar dalam kita melakukan analisis tersebut.

Yang sangat saya sarankan adalah menganalisis permainan teman-teman terlebih dahulu, karena itu adalah partai teman-teman dan disertai tentunya disertai dengan ‘gaya bermain’ teman-teman. Kalau teman-teman menyukai gaya permainan yang tajam dan agresif, tentu membosankan khan kalau harus melakukan analisis permainan posisional.

Nah, ada setidaknya 3 cara yang paling umum untuk melakukan analisis, yaitu:
1. Melakukan analisis game (lebih baik dari partai master, karena minim blunder) dan memperhitungkan setiap alngkah mengapa pemain melakukan langkah tersebut. Biasanya analisis ini dilakukan dengan hanya memperhitungkan langkah-langkah pemain yang menang saja.

Contohnya seperti berikut (dalam kasus ini hitam menang),
1. e4 c5. kita cukup mencari tahu mengapa hitam mau melakukan langkah 1… c4 dan apa saja tujuan dan keuntungannya. Misalnya dengan c5, kita bisa menguasai sayap sekaligus masih mengawasi petak pusat.
2. Kf3 Kc6, dengan langkah Kc6, kita melakukan perkembangan sekaligus bersinergi dengan pion c5 untuk berfokus pada petak pusat.
3. d4 cxd4, dengan melakukan pertukaran pion, hitam mengharapkan lebih unggul dalam menguasai petak pusat karena memiliki 2 pion centrum jika dibandingkan dengan putih yang hanya 1 pion centrum, dst..

2. Melakukan analisis game tanpa menaruh perwira-perwiranya terlebih dahulu di papan. Ini terdengar agak sedikit aneh memang, karena di atas papan hanya ada pion dan raja saja. Tapi metode ini cukup efektif untuk mulai mempelajari struktur bangunan, posisi-posisi outpost untuk perwira kita, titik petak-petak lemah lawan, strategi menguasai jalur, hingga strategi kombinasi ataupun teknik penetrasi perwira-perwira kita ke wilayah lawan.

3. Melakukan analisis game dengan bantuan komputer. Hal ini yang paling mudah sekaligus efektif dilakukan karena seringnya kita terbentur dengan pertanyaan “kok gak ke sini aja ya? padahal blablabla..” ketika melakukan analisis seperti cara yang pertama. Bahkan metode ini juga dipakai oleh master dan grandmaster papan atas untuk mengembangkan kemampuan analisis mereka.

Baik, untuk melakukan analisis ini, saya menggunakan engine Houdini 3 Pro x64. Bagi teman-teman yang belum memiliki software ini, bisa meng-copy dari komputer ChessTeam UGM. Bagi teman-teman yang memiliki sanak family dari Houdini, alias Fritz dkk, juga bisa melakukan analisis yang saya jabarkan nanti.

Berikut step-stepnya:
1. Buka software Houdini-nya, dan aktifkan mode ‘Infinite Analysis’ atau bisa juga engine-nya dinonaktifkan terlebih dahulu. Yang penting jangan dibuat mode tanding, karena begitu teman melangkah, komputer akan otomatis melangkah. Bukannya menganalisis, malah tanding vs komputer nantinya.. 😉

Infinite Analysis     Mematikan engine

2. Masukkan langkah-langkah dari partai yang akan dianalisis, di contoh ini saya akan menggunakan game dari partai ‘Game of Century’, bisa di lihat di artikel yang ditulis oleh Joseph di sini.

Partai Game of Century

3. Next step adalah melakukan analisis menggunakan engine. Caranya klik tab Analysis kemudian pilih ‘Blunder Check’.

Cara melakukan Blunder Check

4. Akan muncul box yang seperti ini:

Box Blunder Check

Saya akan menjelaskan parameter-parameter yang bisa teman-teman atur nantinya untuk menganalisis partai.

  • “Side to analyze”, pemain mana yang langkah-langkahnya akan dianalisis. Teman-teman bisa memilih putih saja, hitam saja, keduanya. Atau bisa juga khusus untuk pemenang atau yang kalah saja, tetapi kurang cocok untuk game yang berakhir remis. Untuk bagian ini saya menyarankan memilih side yang menang saja, atau jika menganalisis permainan sendiri, bisa disesuaikan dengan warna yang teman-teman mainkan
  • “Output”, hasil analisis akan ditampilkan sebagai teks atau langkah variasi. Saya menyarankan memilih opsi “Annotate as variation”, karena teman-teman tetap bisa memainkan jalur lain yang muncul nantinya.
  • “Time/Depth”, hanya salah satu yang dapat teman-teman pilih, yaitu analisis berdasarkan waktu atau berdasarkan kedalaman langkah.
    Untuk Time, angka yang dimasukkan merupakan lama waktu untuk setiap setengah langkah (atau lebih dikenal dengan sebutan ‘ply’, misalnya begini: 1. e4 adalah setengah langkah, sedangkan 1. e4 c5 adalah satu langkah penuh) dan dalam satuan detik. Jadi kalau ada game dengan total 10 langkah, dan Time yang dimasukkan adalah 60, artinya perlu setidaknya 10 langkah x 2 x 60 detik = 1200 detik (20 menit), untuk menganalisis game tersebut. Kelebihan opsi ini adalah tidak tergantung dengan jumlah kedalaman langkah ke depan. Semakin besar angka yang dimasukkan, semakin akurat analisis, tetapi juga semakin lama analisisnya.
    Untuk depth, angka yang dimasukkan merupakan jumlah kedalaman dari langkah yang dianalisis. Angka ideal yang dimasukkan adalah 18 langkah. Kelebihan dari opsi ini adalah lebih efisien karena kita tidak terlalu bergantung dengan waktu analisis, tetapi dengan jumlah langkah ke depan. Teman-teman bisa memasukkan antara 15-20, di atas 20 analisis akan menjadi sedikit lebih lama.
  • “Treshold”, adalah ambang batas untuk engine melakukan laporan bahwa terdapat blunder (atau dengan kata lain, ada langkah yang lebih baik). Angka yang dimasukkan senilai dengan 1/100 pion.
    Jika teman-teman memasukkan angka 100, maka hasil analisis akan muncul jika terdapat jalur varian yang menunjukkan bahwa terdapat langkah untuk setidaknya memperoleh 1 pion bersih (artinya hampir tidak mungkin 1 pion tersebut kembali dengan langkah-langkah terbaik sekalipun)
    Jika teman-teman memasukkan angka 30, maka hasil analisis akan muncul jika terdapat jalur varian yang menunjukkan bahwa terdapat langkah untuk setidaknya memperoleh 1 tempo (artinya unggul 1 langkah perkembangan, karena 1 pion senilai dengan 3 tempi).
    Jika teman-teman memasukkan angka 300, maka hasil analisis akan muncul jika terdapat jalur varian yang menunjukkan bahwa terdapat langkah untuk setidaknya memperoleh 1 perwira ringan bersih (artinya hampir tidak mungkin 1 perwira tersebut, kuda atau gajah, kembali dengan langkah-langkah terbaik sekalipun)
    Jika teman-teman memasukkan angka 130, maka hasil analisis akan muncul jika terdapat jalur varian yang menunjukkan bahwa terdapat langkah untuk setidaknya memperoleh 1 perwira ditukar dengan 2 pion, dengan keunggulan 1 tempo.
    Jika teman-teman memasukkan angka 260, maka hasil analisis akan muncul jika terdapat jalur varian yang menunjukkan bahwa terdapat langkah untuk setidaknya memperoleh 1 perwira ditukar dengan 1 tempo.
    Untuk teman-teman yang pemula dan masih belajar catur, bisa memasukkan nilai 200 atau 150, karena dengan demikian teman-teman akan lebih mudah mempelajari bagaimana proses ‘kombinasi’ berlangsung. Di angka yang demikian juga kisaran terjadinya langkah-langkah blunder bagi pemula, seperti perwira gratis dan sebagainya, sedangkan keunggulan 1 pion ataupun tempo belum terlalu terasa sebagai ‘advantage‘ yang berarti.
    Untuk teman-teman yang sudah mulai berkembang dan advanced, bisa memasukkan nilai 100 atau 70, di sini teman-teman akan melihat lebih banyak langkah-langkah serangan yang cukup berarti dan posisi-posisi yang menekan, serta koordinasi antar perwira. Sangat cocok juga untuk teman-teman yang merasa tidak ada perkembangan yang signifikan dalam permainan.
    Untuk para master (dan calon master), setidaknya menggunakan ambang batas 30, yaitu kekalahan sebesar satu tempo.
    Jika teman-teman memasukkan angka 0, maka program akan terus memberikan jalur alternatif pada setiap langkah sekalipun varian langkah tersebut tidak diperlukan.
  • “Write full variation”, jalur varian dituliskan secara lengkap atau tidak.
  • “Erase old notation”, hapus catatan lama jika ada. Digunakan jika misal ada langkah varian-varian (ketika teman-teman mencoba melangkahkan), jika dicentang maka akan dihapus.
  • “Training”, akan muncul dialog box saat teman-teman melakukan langkah (saat analisis sudah selesai). Saya menyebutnya games tebak langkah. Karena agak mengganggu, saya menyarankan untuk menghilangkan centang di opsi ini.
  • “Store evaluation”, apakah hasil evaluasi dari blunder check ini di simpan atau tidak.
  • “Check main line”, jelas harus dicentang jika ingin menganalisis jalur utama permainan.
  • “Check variations”, dicentang jika juga ingin menganalisis jalur varian.

5. Klik OK lalu tunggu analisis yang sedang berlangsung. Parameter yang saya gunakan adalah “both” menganalisis langkah kedua pemain), Depth:18, dan Treshold:100 (sisanya mengikuti seperti pada gambar sebelumnya). Engine akan melakukan analisis secara terbalik, yaitu menganalisis dari langkah paling belakang.

6. Berikut hasil analisis Game of Century dengan parameter yang saya gunakan tadi.

Hasil analisis Blunder CheckHasil analisis part 2

Cara membaca hasil analisisnya seperti berikut:

  • “Last book move”, merupakan langkah terakhir dari teori yang ada pada engine (jika engine-nya dilengkapi dengan Chess Opening Book, saya menggunakan Rybka 4 Chess Opening Book).
  • 11. Bf4-g5?-+, artinya hitam unggul dan langkah Gg5 merupakan langkah blunder dan berakibat kerugian setidaknya 100/100 pion.
  • -1.34 Houdini 3 Pro x64, nilai -1.34 merupakan nilai keunggulan hitam terhadap putih (negatif berarti hitam unggul, positif berarti putih unggul). Houdini 3 Pro x64 merupakan nama dari engine yang melakukan analisis.
  • 11. Bf1-e2 (… dst sampai …) 21. d5-d6+=, merupakan jalur varian yang lebih baik, karena langkah koreksi pertama adalah putih (ditandai dengan 11. [nama langkah], bukan 11… [nama langkah]), maka jalur ini berlaku untuk pemain putih.
  • 0.38/18, nilai 0.38 menunjukkan nilai akhir jika putih mengikuti langkah varian yang dijabarkan tersebut. 18 merupakan nilai kedalaman langkah.

Jadi bisa dilihat bahwa langkah 11.Gg5? merupakan blunder (dengan setidaknya kerugian 100/100 pion) dan seharusnya putih melangkahkan 11. Ge2.
Di langkah ke 18 pun, 18. Gxb6? (kondisi permainan menjadi -7.15) seharusnya putih melangkah 18. Mxc3 (dan di akhir hanya menderita kerugian 184/100 pion).

Dari cara analisis tersebut, jika teman-teman gunakan pada hasil partai teman-teman, maka dapat diperoleh langkah-langkah yang lebih baik, misalnya seharusnya dapat perwira dan sebagainya. Di beberapa kasus juga digunakan untuk menunukkan langkah yang lebih baik ketika teman-teman sedang dalam posisi kalah ataupun dalam posisi tertekan.

Nah demikian artikel cara menganalisis permainan menggunakan bantuan engine kali ini. Semoga dapat membantu teman-teman untuk terus berkembang.
Salam damai. Gens una sumus.

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.